Iklan hari raya

Belasan Kesenian Tradisional Tampil di Alu-alun Kota Sigli

0 386

Belasan Kesenian Tradisional Tampil di Alu-alun Kota Sigli

SIGLI ATJEHTRIBUNE.COM– Kementerian Komunikasi dan Informatika Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik RI menampilkan sejumlah keseanian tradisional di Taman Depan Pendopo Bupati Pidie, Selasa (8/8/2019).

Kesenian tradisional yang ditampilkan merupakan khas daerah Kabupaten Pidie seperti tarian Ranup Lampuan, Jaktueng dan grup Rapai Grimpheng.

Staf Ahli Kementerian Kominfo RI, Gun Gun Siswandi mengatakan, kegiatan seperti ini rutin dilaksakan pihaknya, semantara di Aceh pihaknya bekerjasama dengan anggota DPR RI asal AcehTeuku Rifky Harsya dalam melestarikan kesenian daerah. “Kami berharap dengan adanya kegiatan pertunjukan ini akan bisa membangun kembali kearifan lokal khususnya di Pidie,” kata Gun gun.

Selain menampilkan kesenian tradisional, anggota DPR-RI,Teuku Riefky Harsya juga tampil dalam dialog dan seminar interaktif kearifan budaya lokal mempersatukan bangsa yang digelar di Safira Hotel, Kota Siglim

Riefky menuturkan, Aceh merupakan wilayah yang dulunya dikenal oleh dunia dengan berjuta keunikan sejarah, kejayaan dan kekokohan agama islam yang kemudian disebut sebagai Serambi Mekkah, kesenian, keramah tamahan masyarakatnya, kekayaan alam, pariwisata dan lain sebagainya.

“Maka sudah sepantasnya dijadikan sebagai modal untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan keunikan tersebut,” ujarnya.

Politisi asal Aceh ini menambahkan, era globalisasi membawa perubahan yang sangat besar dalam kehidupan suatu masyarakat.Pengaruh itupun juga merambah pada kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi, bahkan pada budaya lokal masyarakat.

“Jika kita tidak ambil peran ini dengan benar, bisa-bisa berdampak negatif bagi generasi bangsa dan kearifan lokal dengan keseniannya,” ujar Riefky.(Firman).