Iklan hari raya

Bendungan Rukoh Segera Dibangun,BPN Sosialisasi Pengadaan Tanah

0 470

Bendungan Rukoh Segera Dibangun,BPN Sosialisasi Pengadaan Tanah

SIGLI ATJEHTRIBUNE.COM-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pidie, mensosialisasikan pengadaan tanah lanjutan pembangunan bendungan Rukoh, Selasa,(25/6/2019). di wilayah Kecamatan Keumala dan Titeu di Aula Kantor Camat Keumala.

Camat Keumala Safrijal, kepada wartawan mengatakan, dalam semua pihak agar mendukung terlaksananya PSN dengan baik dan sesuai dengan koridor dan mekanismenya. Pembangunan bendung rukoh dapat membrikan implikasi positif terhadap pembagunan daerah dan potensi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan negara. “Jadi ini kita sosialisasi terlebih dahulu,”jelasnya.

Safrijal menegaskan tujuan pembangunan ini untuk kepentingan masyarakat dan tugas jaksa mengawal pelaksanaannha agar sesuai dengan ketentuan.  Program PSN ini tidak boleh terkendala karna kepntingan individu atau kelompok.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Balai Wilayah Sungai Sumatra I Kamal Bahri memaparkan bahwa kebutuhan lahan  adalah 858 Ha, target pembebasan tahun 2019 adalah 787,12 Ha. Yang sudah dibebaskan 71,73 Ha sejak tahun 2015.

Kadis Pertanian Pidie dalam sambutannya menyampaikan bahwa manfaat pembangunan bendungan adalah untuk masyarakat yaitu untuk mengairi sawah 18.280 Ha, pemenuhan kebutuhan air baku, serta untuk pembangkit listrik. Disamping hal-hal yang sudah disebutkan manfaat lain dari pembangunan bendungan adalah akan memunculkan potensi sumber ekonomi lainnya.

Kepala BPN Sigli Fauzi dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan pengukuran lahan yang terkena pembangunan waduk, kepada masyarakat agar menyiapkan dokumen penguasaan lahan dan saksi sempadan. Pembangunan waduk ini tidak ada kepentingan lain selain kepentingan masyarakat dan negara. Tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri Kajari Pidie Effendi SH, MH, Kadis Pertanian Pidie Syarkawi,  Kepala BPN Pidie Fauzi, PPK BWS I Kamal Bahri, Kabag Tapem Setdakab Pidie Farizal, KBO Sat Binmas Polres Pidie Iptu Junaidi SH, Muspika Keumala dan Titeu, Unsur Bappeda Pidie, Unsur PUPR Pidie, Para Imum Mukim dan Keuchik wilayah waduk rukoh, dan masyarakat yang lahannyan masuk areal waduk.(Redaksi).