Iklan hari raya

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid Tertarik dengan Ide Festival Musik Tubuh di Gayo Lues

0 28

Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid tertarik dengan ide penyelenggaraan “pertunjukan musik tubuh dunia” atau “Body Music International” di Gayo Lues.

“Ide yang menarik. Nanti kita akan bahas dalam evaluasi program Indonesiana di Gayo Lues,” kata Hilmar Farid dalam pertemuan dengan Bupati Gayo Lues HM. Amru di Kemendikbud, Jakarta, Jumat (16/11/2018) petang.

Bupati Amru didampingi penyair Fikar W. Eda dan penulis Yusradi Usman Al Gayoni.

Kemendikbud dan Pemkab Gayo Lues saat ini menjalin kerja sama program Indonesiana berupa Festival Budaya Saman selama tiga tahun berturut-turut.

Tahun ini Festival Budaya Saman diisi dengan “Saman Roa Lo Roa Ingi, Saman Bale Asam” dan “Bines” serta beberapa pertunjukan seni lainnya.

Menurut Dirjen Hilmar Farid, tahun depan bisa dicarikan alternatif lain dalam rangka mengisi dan memeriahkan Festival Budaya Saman tersebut.

“Festival musik tubuh, ide yang menarik,” katanya.

Tapi nanti akan dievaluasi lagi.

Dalam pertemuan itu juga hadir tokoh musik Indonesia Franky Raden yang pernah menyelenggarakan Festival Drum International di Ancol pada 1990-an.

Franky Raden juga tertarik dengan ide festival musik tubuh, mengingat Saman merupakan salah satu ekspresi budaya yang salah satunya melahirkan bunyi dari tubuh para pemain Saman.