Iklan hari raya

Laporan Lamban,  APBG Tahap Ke Tiga Belum Ditransfer

0 84

Laporan Lamban,  APBG Tahap Ke Tiga Belum Ditransfer

Sigli | Disebabkan lambannya penyerahan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan dana tahap ke dua. Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) tahap ke 3 belum ditransfer ke rekening kas daerah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie Samsul Azhar kepada atjehtribune.com, Rabu (6/11/2019), baru 350 gampong lebih yang mengirim LPJ nya, selebihnya belum ada, sehingga dana belum masuk. Sesuai dengan aturan harus 75 persen dari jumlah 730 gampong yang ada di Pidie untuk mengirim LPJ nya baru bisa dicairkan dana APBG tahap ke 3. “Ini yang menjadi persoalan karena masih banyak gampong bel bisa menyerahkan LPJ tahap ke 2,”jelasnya.

Menurut Samsul,  jika ditas 600 gampong sudah menyetahkan LPJ nya maka langsung dana nya dapat dicairkan. Artinya semua itu ada prosesnya dan diminta kepada keuchik (kepala desa-Red)  segera mengirim LPJ nya agar pencairan dana APBG tahap ke 3 tahun 2019 segera diproses. Sehingga pembangunannya tidak terhambat dan bisa diselesaikan dengan tepat waktu. “Jadi tolong segera disiapkan apa yang menjadi kewajiban gampong, “tutur Samsul Azhar.

Sementara itu Kepala Dinas Pengelolaa Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) setempat Mustafa kepada atjehtribune.com, mengaku, pihaknya hanya tugas menyalurkan dana tersbut. Terkait lpj tentu saja dikirim oleh DPMG dan pihaknya baru bisa mentransfer auang nya ke rekening masing-masing gampong. “Jadi tugas kita cuma mentransfer dana ke rekening gampong, “paparnya.

Kata Mustafa, jika input data sudah selesai maka dana tersbut langsung ditransfer ke rekening gampong.  Mengingat belum ada 75 persen input data dari DPMG untuk 730 gampong, sehingga dana tersebut belum bisa dicairkan. “Kita berharap november ini semua bisa dicairkan, “pintanya. (Redaksi).