Iklan hari raya

Masyarakat Lintas Profesi Bersihkan Mesjid Alfalah

0 143

Masyarakat Lintas Profesi Bersihkan Mesjid Alfalah

SIGLI ATJEHTRIBUNE.COM-Biasakan anda berbuat baik sekecil apapun, mungkin pepatah itu yang digunakan satu kelompok masyarakat yang menamankan diri relawan cinta masjid (RCM) yang tergerak membersihkan toilet Masjid Al Falah Kota Sigli, Kabupaten Pidie.

Masjid Al Falah sendiri merupakan masjid kabupaten dan berada persis di jantung kota kabupaten penghasi melinjo. Masjid ini menjadi icon dan kerap disinggahi masyarakat yang sedang dalam perjalanan, baik hanya sekedar melepas lelah beribadah. Menjadi masjid kabupaten dan mendapat suntikan dana Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) tidak sebanding dengan tingkat kebersihan yang di persembahkan kepada jamaah. Sejumlah tempat wudhu dan toilet dalam kondisi jorok dan kurang diperhatikan oleh pengurus masjid.

Mulyadi Makmuman salah satu relawan RCM menuturkan, awalnya dirinya melihat kondisi toilet Masjid Al Falah tidak bersih dan hal serupa juga dikeluhkan oleh jamaah lain.
Kondisi tersebut kemudian disampaikan kepada jamaah lain, sejumlah jamaah dari berapa profesi setuju untuk membentuk lembaga yang khusus membantu meningkatkan kebersihan masjid, terutama tempat wudhu dan toilet dengan dana dari sumbangan anggota. “Jangan berharap orang lain datang membersihkan toilet mesjid kita, tapi kita yang harus budayakan dan menjadi tanggung jawab bersama,” jelas dia.

Aksi perdana pada subuh Jumat (8/3/2019) tempat wudhu wanita dan WC dibuat kinclong oleh RCM, mereka yang sehari-hari bekerja sebagai dosen, guru pengajar, kontraktor, wiraswasta, pengusaha developer, dan pengusaha lain terjun langsung dalam aksi bersih-bersih toilet tersebut. “Para relawan tidak sungkan-sungkan, mereka dari beberapa profesi ikut dalam kegiatan amal tersebut,” sebut Mulyadi.

Direncanakan, aksi serupa akan terus dilaksanakan disejumlah masjid di Pidie, kegiatan ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi pemerintah dan masyarakat luas untuk saling menjaga kebersihan lingkungan tempat ibadah. “Kita berharap suatu waktu akan ada penilaian mesjid yang terbersih toiletnya dan yang paling beraih akan mendapatkan penghargaan tanda jasa,” pungkasnya.(Redaksi).