Iklan hari raya

Musim Hujan, BPBD Minta Warga Waspada

0 210

Musim Hujan, BPBD Minta Warga Waspada

SIGLI ATJEHTRIBUNE.COM-Hujan terus mengguyur Kabupaten Pidie, sehingga Badan Penanggupangan Bencana Daerah (BPBD) setempat meminta warga di daerah rawan banjir dan longsor tetap waspada. Sehingga saat bencana datang warga suda tahu bagaimana mengantisifasinya.

Demikian dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pidie, Dewan Ansari kepada atjehtribune.com, Kamis (10/10/2019). Lanjut dia, ada beberapa kecamatan masuk katagori rawan banjir dan tanah longsor, seperti Kecamatan Geumpang,Mane dan Tangse. Tiga kecamatan tersebut bukan hanya rawan banjir, akan tetapi juga tanah longsor. “Tiga daerah ini kepada warga diminta waspada dan bisa mempersiapkan diri,”pintanya.

Masih dengan Dewan Ansari, ada beberapa kecamatan lainnya yang rawan banjir diantaranya, Kecamatan Delima, Grong-Grong, Muara Tiga, Padang Tiji, Kembang Tanjong, Delima, Mila, Pidie, Simpang Tiga dan Kecamatan Mutiara Timur sebagian. “Sebenarnya hampir semua kecamatan di Pidie rawan banjir, namun hanya banjir genangan air,”paparnya.

Kepada masyarakat yang berdomisili dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) seperti di Kecamatan Titeu, Keumala, Tiro/Truseb, Mutiara Timur, Kembang Tanjong dan Mutiara mesti berhati-hati. Sebab banjir tidak disangka terkadang datangnya pada malam hari disaat warga sedang lelap tidur, sehingga sangat berbahaya. “Kepada warga diupayakan untuk ronda malam, jika banjir datang bisa memberitahukan kepada warga lainnya,”tutur Kepala Pelaksana BPBD Pidie, Dewan Ansari.(Redaksi).