Iklan hari raya

Pengelolaan Dana Gampong Harus Transparan

0 202

Pengelolaan Dana Gampong Harus Transparan

SIGLI ATJEHTRIBUNE.COM-Minimnya pengetahuan tatacara pengelolaan dana Gampong membuat
Keuchik Gampong Ulee Tutue Kecamatan Peukan Baro, Pidie, Harmawan, menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) pengelolaan dana gampong dan peningkatan kapasitas aparatur gampong, di Saka Caffe selama tiga hari dari Selasa (10/9/2019) hingga Kamis (12/9/2019).

“Ini kita lakukan agar pengelolaan dana gampong lebih transparan dan semua perangkat gampong memgerti bagaimana mengelola dana gampong. Agar nantinya tepat sasaran dan tidak melanggar hukum,”demikian kata Keuchik Gampong Ulee Tutue, Kecamatan Peukan Baro, Pidie, Harmawan, kepada atjehtribune.com disela-sela Bimtek, Kamis (12/9/2019).

Jelas Harmawan, peserta ada 21 orang dan terdiri dari unsur pemerintah 5 orang, Tuha Peut Gampong (TPG) 5 orang, tuha lapan, 8 orang. Lalu Imam 1 orang, bilal 1orang dan Keujerun blang 1 orang. “Jadi mereka diajarkan tentang bagaimana mengelola dana gampong yang benar,”paparnya.

Sedangkan kata Harmawan, pemateri mantan Fasilitator Kabupaten Drs Ridwan, Penusunan dana gampong kuga mantan Fasilitator Mahdi. Lalu dari Dinas Pemberdayaam Masyarakat Gampong (DPMG), Polres Pidie, Kejari Pidie dan sesi terakhir dari Inspektorat Kabupaten Pidie. “Mudah-mudahan pelatihan ini bermamfaat bagi aparatur gampong,”paparnya.

Harmawan, berhatap agar semua peserta memahami tugasnya masing-masing. Kemudian pengelolaan keuangan gampong tepat sasaran dan ilmu yang dipelajarinya bisa diterapkan di gampong nantinya. Sehingga nanti bisa menciptakan kader terkait bagaimana mengelola dana gampong yang baik dan transparan.”ilmu yang kita dapat sangat bermamfaat, selain tahu bagaimana pengelola dana gampong juga tahu aturan hukum,”tegasnya.(Redaksi).