Iklan hari raya

PMI Pidie Kekurangan Stok Darah

0 398

ATJEHTRIBUNE.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pidie,  kekurangan stok darah,  sehingga kewalahan saat masyarakat membutuhkan darah. Namun demikian para petugas berupaya mencari pendonor agar kebutuhan bisa teratasi dengan baik demi masyarakat.

Demikian dikatakan Ketua PMI Pidie Zakaria H.M.Yusuf,  S.Hi, MM kepada atjehtribune.com,  Jumat (18/1/2019). Lanjut dia, kebutuhan di Pidie perhari mencapai hampir 60 Kantong, karena kebutuhan meningkat hingga 85 persen dalam bulan januari 2019. “Jadi kita sedikit kewalahan dalam memenuhi kebutuhan darah untuk masyarakat, “jelasnya.

Zakaria yang juga politikus muda ini mengatakan, jika dibandingkan dengan bulan yang lalu sedikit meningkat kebutuhan darah di bulan ini. Sebab kebanyakan pasien yang membutuh darah karena blooding atau pendarahan, seperti melahirkan, Kecelakaan, cuci darah, thalasemia dan Lain-lain. “Saya pikir masyarakat kita banyak yang membutuhkan darah dan datang ke PMI dan selama persediaan ada kita tetap memperhatikannya, “jelas dia.

Mantan aktivis Sentral Informasi Rakyat Aceh (SIRA) ini menjelaskan, kebutuhan darah juga tergantung stok yang ada. Sedangkan darah yang tersedia di PMI saat ini adalah, golongan A 16 kantong, B 23 kantong dan O 20 kantong,  sedangkan darah golongan AB nihil alias tidak ada persediaan sama sekali. “Kita mengupayakan bagaimana darah bisa mencukupi untuk masyarakat di Pidie, “harap Zakaria H.M.Yusuf, S.Hi, MM. (Redaksi).