Iklan hari raya

Puisi ‘Shanghai’ Serta ‘Tragedi Winka dan Sihka’ Akan Dipentaskan di Malam Apresiasi Sastra

0 32

Sanggar Sastra Balai Pustaka akan menggelar ‘Malam Apresiasi Sastra’ di Istana Peradaban Balai Pustaka, Jalan Bunga No: 8, Matraman, Jakarta, Sabtu (24/11/2018) malam.

Kegiatan ini akan diisi dua puisi karya penyair Indonesia, Sutardji Calzoum Bachri; “Shanghai” serta “Tragedi Winka dan Sihka” yang digarap dalam satu pertunjukan melibatkan para mentor Sanggar Sastra dan Kelompok Svara Samsara.

Pertunjukan dua puisi itu pun akan dikemas dalam balutan musik tradisi.

Parade ‘Malam Sastra Balai Pustaka’ itu juga diisi pertunjukan sastra oleh generasi millenial Balai Pustaka serta peserta sanggar sastra dari Angkatan III.

Dirut Balai Pustaka, Achmad Fachrodji, mengatakan Balai Pustaka akan terus menjaga peradaban sastra Indonesia, salah satunya dengan mengaktifkan Sanggar Sastra.

“Dengan demikian generasi muda mempunyai ruang untuk berlatih dan mencintai sastra yang kelak akan melahirkan penerus sastra,” kata Achmad Fachrodji.

Malam Apresiasi Sastra itu juga sekaligus sebagai ruang ekspresi bagi peserta pelatihan Sanggar Sastra angkatan III.

“Ini semacam hasil godokan selama menjalani pelatihan di Sanggar Sastra,” kata penanggungjawab program Sanggar Sastra Balai Pustaka, Huriyani.

Peserta Sanggar Sastra Angkatan III ini berjumlah 110 orang, berasal dari sejumlah sekolah menengah di Jabodetabek, mahasiswa, dan sanggar umum.

Kepada peserta diberi pelatihan menulis puisi dan prosa, musikalisasi puisi, deklamasi dan apresiasi sastra.

Program pelatihan Sanggar Sastra Balai Pustaka ini dilakukan bersama dengan Komunitas Musikalisasi Puisi Indonesia (Kompi).