Iklan hari raya

Sumur Bor SemburGas

0 99

Sumur Bor Sembur Gas

LHOKSEUKON ACEHTRIBUNE.COM Warga Desa Tanjong Minje, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, heboh ketika melihat sumur bor meledak hingga mengeluarkan gas campuran lumpur, Rabu (23/1/2019) sekira pukul 8:00 WIB.

Ihwal kejadian tersebut bermula saat pemilik kebun Aris Munandar, alias Akim (20), sedang ngebor sumur untuk kebutuhan air menyiram tanaman cabai dan pokok kates. Penggalian sumur bor itu sudah dilakukannya sejak tiga hari yang lalu, namu pagi tadi, penggalian itu sudah mencapai sekitar 18 meter, dan niat untuk menurunkan pipa, ledakan itu terjadi, dan semburan gas yang bercampur lumpur mencapai sekitar 70 Meter.

Akibat dari peristiwa itu, puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi ketempat yang lebih aman karena takut terkenak imbas dari semburan gas itu. Sementara itu pemilik sumur kepada Atjehtribune.com, dilokasi kejadian mengatakan, pengeboran sumur itu dilakukan, karna membutuhkan air tawar dan tiga hari yang lalu pengeboran itu, tapi hari ini sudah jadi begini, sebelum nya ada juga saya lakukan di seputaran ini tapi tidak ada ke jadian” papar Aris Munandar, sapaan akrapnya Akim.

Menurutnya Akim, semua itu dilakuka  karena di daerah mereka tidak ada air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).”Kalau kita berharap air bersih dari PDAM itu tidak ada, demi kebutuhan air ya harus buar sumur bor, dan ini juga bisa di manfaatkan untuk warga lainnya”,lanjut Akim.

Sedangka  Muhammad (32) warga lainnya kepada Atjehtribune.com, memgaku, rumahnya tidak jauh dari lokasi kejadian, namun dia mengetahui peristiwa itu setelah warga menelponnya. “Kejadian ini  saya tahu setelah diberitabu oleh tetangga, saya pulang untuk meng intruksikan kepada warga sekitar agar segera keluar menjauh dari lokasi untuk sementara waktu” punkas Muhammad.

Menurutnya kegiatan pengeboran sumur itu memang selain keperluan pemilik, nantinya dapat juga dimanfaatkan oleh warga sekitar.
“Yang dilakukan Akim itu bukan semata kebutuhannya, tapi air dari sumur bor itu nantinya juga bisa untuk digunakan oleh warga sekitar, mengingat disini tidak ada sumber air bersih, PDAM juga disini belum ada”,paparnya.

Sementara itu Camat Tanah Jambo Aye, Hanif ZA, menyebutkan bahwa kejadian itu akibat galian sumur bor yang dilakukan oleh warga, dan untuk sementara belum ada korban jiwa. “Ini ledakan dari galian sumur bor, sedangkan untuk yang terkena dampak dari kejadian ini sudah kita suruh mengungsi ketempat yang lebih aman,”jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa, informasi yang diterima dari lingkungan hidup, dampak semburan itu radius seratus meter, untuk sementara belum ada hasil uji LAB jenis kandungan apa yang dikeluarkan dari semburan itu.
“Untuk sementara waktu belum ada hasil dari pada uji LAB yang dilakukan pihak terkait, jadi kita belum mengetahui yang dikeluarkan itu apa kandungannya,”ungkap Camat.

Sejauh ini dirinya juga sudah berkoordinasi dengan piha Exson, sementara pihak pertambangan, sekarang sudah di alihkan keprovinsi, namun demikian pihaknya telah melakukan koalordinasi untuk dapat menanggulagi kejadian ini.(Is Tanjong).